Demam Ice Bucket Challenge

Akhir-akhir ini pasti lagi sering denger istilah Ice Bucket Challenge itu lho yang nyiram diri sendiri pake air es. Hampir semua tokoh dunia ikut serta. Misalnya Bill Gates, Mark Zuckerberg, Justin Bieber, LeBron James. Artis papan atas Indonesia juga gak mau kalah. Kayak Bunga Citra Lestari, Julia Perez, Daniel Mananta, dan sederet nama beken lain. Sebenernya apa sih alasannya? Ternyata asal mula Ice Bucket Challenge adalah “ketika pada 30 Juni sebuah program TV Amerika, Golf Channel Morning Show, mengulas tentang fenomena media sosial dan kemudian melakukan Ice Bucket Challenge secara live. Segera setelah itu, pada 15 Juli seorang pegolf bernama Chris Kennedy melakukan tantangan yang sama dan menantang sepupunya Jeanette Senerchia dari Pelham, New York. Dan kebetulan suami Jeanette, Anthony, telah menderita ALS selama 11 tahun. Sehari kemudian, Jeanette melakukan tantangan itu, sementara putrinya yang baru berusia 6 tahun memfilmkan aksinya di depan rumah mereka. Meski awalnya hanya sekadar iseng semata, aksi Jeanette secara tidak sengaja diketahui Pat Quinn, 31 tahun dari Yonkers, New York, yang juga didiagnosis dengan ALS pada Maret 2013”. (sumber merdeka.com).  

Lalu beberapa bulan kemudian, menyebarlah kampanye ini. Hingga sampe ke Indonesia. Taukan Indonesia itu negara LATAH. Apa-apa yang lagi nge-hits pasti langsung pengen ikutan, heboh!! Masih inget dong gimana video Gangnam Style bikin heboh? Terus pada ikut-ikutan bikin cover?? Sampe ibu-ibu senam, nenek-nenek panti jompo. Oke yang terakhir ga lucu. Terus berkembang lagi Harlem Shake sebagi tandingan Gangnam Style? Iyaa dan semua ikut-ikutan karena lagi nge-hits!! Karena pengen fun aja. Sampe NBL pun membuat  kuis video Harlem Shake yang diungguh di youtube dan di acc ke twitter NBL. What The... Setauku, kayanya kuisnya sampe sekarang gak ada yang menang. Kenapa? Karena pada OGAH. Ngapain?? Ada gak sih yang lebih elit? Okee kalo ada yang jawab cuma buat hiburan kok, seru-seruan. Heh? Mbok pikir idupku hiburan??? -,-“. Kalo ada yang komentar aku ini kaku, serius banget, kolot, terserah aku gak bisa maksa orang buat satu pendapat sama aku kan? Bikinlah yang orinisinil. Lain dari yang lain. Jujur aja aku males kalo cuma sekedar ikut-ikutan. Biar fun. Tanpa tau alasan. Apa sih yang dicari? Cuma sekedar hiburan? Lucu? Jauh-jauh deh dari aku!!  

Oke, di sini aku gak mau ngehakimi yang emang beneran NIAT ngelakuin buat amal. Tapi yang lain? Yang cuma ikut-ikutan, sekedar menjawab tantangan seseorang, terus gak ngasih donasi apa-apa? Itu enaknya disebut apa yaa? Aku kok risih yaa. Apa kabar yaaa penyakit Ebola, Alzheimer, dan sederet penyakit kanker yang sampe sekarang belum ada obatnya? Kasian yaa mereka pasti cemburu gak dapat perhatian lebih. Itulah kenapa aku males. LATAH itu tadi. Kenapa Indonesia gak bikin sesuatu? Kampanye untuk donasi anak-anak penderita kanker? Pasti banyak yang membutuhkan daripada sekedar nyiram pake air es! Kaya yang di lakukan Kak Jerry Lolowang. Dia bikin video buat anak penderita kanker, dan dia jadi duta anak kanker di Solo. Setiap baca cerita dia, aku gak pernah gak sedih. Nyentuh banget! Kenapa gak ada yang mau bikin kaya gitu?? Dan malah ikut-ikutan gak penting! hoh. Oke kayanya beberapa waktu dekat masih akan denger si A nantang si B, Si B nantang si C dan seterusnya.... humf. Jujur aku jadi ga simpati sama sekali.

Bikinlah sesuatu yang unik! Yang beda!!! Sorry, aku emang anti-mainsteram. Kalo orang-orang ke Aceh, mungkin aku malah ke Ambon. Pokoknya kalo itu menurutku norak. Aku gak bakal ngelakuin, dan alasannya harus jelas. Aku gak mau cuma sekedar lagi nge-hits terus rame-rame ngikutin? Bukan aku banget lah. Kecuali kalo emang itu sesuai dengan sifat dan karakter aku yaa.

Beberapa tahun lalu lagi booming K-Pop. Konser artisnya berdatangan. Terusnya jadi banyak pemuja baru “newbie”. Aku? Tetep gak “dong”. Iya suka Suju. Tau Big Bang. Udah gitu doang. Gak lebay harus ngikutin karena lagi nge-hits. Percaya deh. Kamu gak tau SNSD juga kamu bakal tetap dapet kerja. Atau misal kamu tau personel Sistar pun, mungkin juga susah nyari kerja. Jadi gak usah ngoyo biar sama kaya orang. Biarin aja. Aku bukan lagi ngehakimi yang emang dari dulu udah suka. Dari jaman mereka masih debut. Masih lecek-kucel belom seterkenal sekarang. Aku cuma males ikut-ikutan itu lho. Ngapain sih? Biar ngomong nyambung? Percaya deh. Masih banyak yang bakal nyambung kok kalo kamu emang demen Bola, Moto GP atau Tenis, atau suka buku-buku sejarah. Jangan cuma biar pengen diterima terus jadi ikut-ikutan! Cemen banget!

Kaya yang pernah di twet teh Fala “Kamu suka hal yg orang lain anggap aneh? Cuek aja. Selama positif, akan ada orang yg 'nerima' apa anehnya kamu.” Nah kan. Udah suka aja apa emang kamu sukai. Jangan ikut-ikutan yaa gais!! Norak soalnya.

Itulah komentar saya terkait nyiram-nyiram air es. Eh maksudnya Ice Bucket Challenge. Semoga yang masih “cuma” ikutan-ikutan biar kece dan beken karena lagi nge-hits, sadar bahwa masih banyak hal daripada ngelakuin kaya gitu. Yang kreatif dikit lah. Akhir kata, maaf jika ada pihak yang tersinggung dan tidak berkenan. Saya emang hina-dina. Belum jadi apa-apa gak sempurna tapi hobby bacot dan ngekritik. Saya emang pantas kok dikomentarin. Gapapa. Toh negara memberi kebebasan buat berpendapat toh? Monngo utarakan pendapat kalian juga.

       

Komentar