Usia 25 Itu....

Umur hampir menginjak usia 25 tahun memang bukan lagi usia kanak-kanak. Bukan lagi usia remaja. Tapi usia dewasa. Umur dimana akan banyak sekali perubahan. Umur dimana akan banyak sekali memikul tanggung jawab. Apalagi kalo bukan tanggung jawab masa depan. KTP yang setiap 5 tahun diperpanjang, SIM yang setiap 5 tahun diperpanjang, STNK juga harus diperpanjang, belom pajak kendaraan yang setiap tahun harus dibayar. Memang belum sepenuhnya dari gaji sendiri, tapi tanggungjawab untuk tidak lupa memperpanjang ini yang cukup berat. Kadang saking keasikan masih terbawa jaman ABG, gak inget kalo udah punya SIM. Tanggung jawab mengurus. Kalo lupa? Yaaaaa salam deh bolak-balik kantor polisi sampe itu bapak polisi HAPAL! Ngehe yaaa. Banget.


Enak yaaa jadi bocah, jadi remaja-teeneger. Gak perlu repot inget kapan harus perpanjang ini itu dkk. Hahaaaaaa. Ini baru KTP, SIM dan STNK, belom besok kalo punya rumah, punya gaji sendiri, punya tagihan telepon, listrik, air, tv, dll. Kebayang gak apa aja yang harus diinget untuk diperpanjang???
  

Nah biar ga kelabakan sendiri ngurus, dibutuhkan pendamping hidup. Pendamping hidup yang kayak apa? Dulu, jaman masih bocah, masih yaaaa suka ala-ala Betty la Vea gitu, hahaaaa jadul yaaa. Suka yang ganteng & tajir itu pasti dan hampir semua cewek juga mau. Tapii kalo jaman sekarang, realistis ajalah, yang kayak gitu demennya ama tante-tante. Bener apa boong?


Lalu kriteria calon pendamping pun berubah seiring bertambahnya umur. Umur hampir menginjak 25 udah bukan saatnya lagi hahahaaa-hiiihiii gandengan mesra di mall, di pantai, selfie di cafe, pamer foto dimobil abis dinner. Pamer foto ngerayain bulan anniversary. Bukan.


"Sudah tidak lagi kubutuhkan kencan romantis di malam Minggu, atau kejutan anniversary berupa bunga di depan pintu. Sudah tak lagi ingin kutemukan ada pria yang menanti di depan pintu, bersabar menunggu dalam penampilan terbaikmu. Aku juga tak lagi butuh dimanjakan dengan makan di tempat fancy terbaru pun jalan-jalan ke mall di malam Minggu. Sebab kini, masa depan jauh lebih penting dari semua simbol-simbol itu" (hipwee)


Umur menginjak 25 itu mulai mikir calon Imam, calon Ayah buat anak-anak. Bukan yang masih luntang-luntung gak punya kerja. Luntang-luntung belum lulus. Jangan. Setahun buat pendekatan kayaknya udah cukup. Gak usah kelamaan. Semakin lama, malah semakin bosen. Segara kamu teken, biar apa-apa ditanggung berdua. Kalo belum siap? Yaaa nanti aja dulu nunggu siap baru ketemu. Kalo belum siap yaaa emang belom jodoh ketemu. Heheeee.


Akan ada masa dimana kita masa bodoh, cuek kalo ditanya soal jodoh, pacar, kekasih. Kenapa? Karena itu bukan urusan kita. Sekuat apapun kita minta pacar, kalo Tuhan gak ngasih, yaaa masa bang siomay kita embat sih. Enggak juga kaaaaan. Selooow aja, wes nyantai, jalani hidup, ada yang deket yaaa mari, ayok, kalo belom yaaa wes, legowo aja. Akan ada saatnya kita akan saling jatuh cinta pada orang tepat, orang yang juga menjadi takdir kita. entah itu siapa. Kalo belom jatuh cinta yaaa berarti emang belom ada orang yang tepat. Anggap aja pengalaman. Bersyukur aja kamu ga perlu ngalami move on, galau, drama yang ga jelas, uring-uringan, benci, buang barang mantan, hapus foto-foto di medsos, hapus foto di hape, gak perlu nyesel udah ngasih banyak hal, taunya gak sampe nikah. Jadi jomblo-singel ga hina kok, ga menderita, tergantung kita aja.



Yang jelas, saya ga punya masa lalu sama siapa-siapa yang dikemudian hari bakal dateng trus ngerusak masa depan. Kalo pun ada anggap aja dia cuma idola saya, teman, gebetan ala-ala ABG. Heheeeee. Kok malah syurhat begini siih. Gapapa wes kebacut.      

Komentar